Grand Final The Big Start Indonesia Season Tiga



Setelah melalui proses panjang sejak Juli lalu, mulai dari pendaftaran online, roadshow lima kota, hingga masa mentoring dan karantina selama 3 minggu untuk Top 20 Finalist, The Big Start Indonesia Season 3 kini telah memasuki momen puncaknya. Kompetisi pencarian pengusaha muda kreatif terbaik yang digagas oleh Blibli.com berhasil menemukan empat pengusaha kreatif muda yang akan menempuh babak Grand Final yang diadakan di Golden Ballroom, The Sultan Hotel and Residence Jakarta, pada 15 November 2018.

Empat finaIis terbaik tersebut adalah Pavettia Skincare (Erika Ernawati Simangunsong, Subang) untuk kategori Kecantikan & Kesehatan, Setapak 9 (Joni Martono, Yogyakarta) untuk kategori Kriya, Kingsmith (Robbi Ibadi, Jakarta) untuk kategori Fesyen, dan Salaku (Shelly Ang, Bekasi) untuk kategori Kuliner. Mereka berhasil mengungguli 7,500 peserta lainnya dan menyisihkan 16 finalis lainnya di masa karantina. Selama masa karantina, para finalis mendapatkan sesi mentoring serta diuji dengan barbagai tantangan bisnis, seperti financial planning, e-marketing, customer service logistik, strategi branding melalui platform digital sehingga ke depannya mereka dapat mengembangkan usahanya ke skala Iebih tinggi dengan pasar Iebih Iuas lagi.

Kusumo Martanto Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com bersama S figur bisnis ternama, Aline Adita, Gwen Winarno, Bagus Rochadiat, Barli Asmara dan Kezia Toemion akan menjadi dewan juri di Grand Final The Big Start Indonesia Season 3. Di malam final, masing-masing finalis berkesempatan melakukan presentasi mengenai transformasi produk dan perencanaan bisnis mereka di depan dewan juri diteruskan dengan sesi tanya jawab bersama para juri. Finalis akan dinilai dari sisi performa presentasi, rencana bisnis terbaru, serta komunikasi visual video promosi.

Total 12 juri akan terlibat di dalam penjurian di malam grand final The Big Start Indonesia Season 3 termasuk para pelaku ekosistem e-commerce seperti di bidang logistik (JNE), perbankan (PT Bank Central Asia Tbk atau BCA), pemerintahan (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia), solusi teknologi (XL Business Solutions dan Intel Indonesia Corporation) serta pendidikan entrepreneurship (Universitas Prasetiya Mulya).

”Melalui The Big Start Indonesia, kami menemukan banyak sekali UMKM di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan ke skala Iebih besar. Di momen Grand Final ini, keempat finalis akan menampilkan seluruh keahlian bisnis mereka serta transformasi kualitas produk yang Iebih baik dan tepat sasaran pasar. Kami percaya keempat pengusaha kreatif muda terbaik di Indonesia ini akan menjadi ikon-ikon penting dalam sejarah pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia,” ujar Kusumo Martanto, Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com.

Blibli.com juga berharap agar hadiah yang diterima oleh para pemenang The Big Start Indonesia Season 3 akan bisa memberi manfaat Iebih bagi peningkatan skala bisnis mereka.

Pada tahun ini Blibli.com memberikan hadiah total Rp1,1 miliar untuk modal usaha, masing-masing Rp500 juta untuk juara ke-1, Rp300 juta untuk juara ke-2, Rp100 juta untuk juara ke-4. Selain Itu. konsep night market pada malam grand final membuat para tamu undangan dapat melihat berbagai produk Top 16 Finalist dan bisa Iangsung berpartisipasi dalam memilih juara produk favorit, yang berhak membawa pulang hadlah sebesar Rp50 juta dan di tahun ini. sistem penjurian Top 4 FinaIist The Big Start Indonesia Season 3 juga melibatkan para tamu yang hadir, dengan bisa ikut serta memberikan penilaian lewat aplikasi Kahoot di acara Grand Final berlangsung. Ditemui di tempat yang sama Aline Adita, Host The Big Start Indonesia Season 3 juga mengungkapkan rasa gembira terhadap peningkatan kualitas dan kemampuan para finalis seIama masa karantina. “Meski proses mentoring terbilang cukup singkat, tetapi saya dan keempat rekan mentor lainnya melihat banyak sekali perubahan dan kemajuan dari para flnalis The Big Start Indonesia Season 3. Harapan para mentor adalah pembekalan bisnis selama mengikuti kompetisi ini tidak hanya berhenti di Grand Final tetapi mereka dapat menjadi role model bagi para pengusaha kreatif muda lainnya di seluruh Indonesia,” ungkapnya. Komitmen Blibli.com dalam mendukung brand dan bisnis lokal untuk terus bertumbuh menjadi lebih besar lagi kian dibuktikan dengan Special Project, sebuah proyek yang mempertemukan dua pengusaha kreatif lokal Indonesia dalam membuat produk kolaborasi yang akan dipamerkan dl malam Grand Final TBS Indonesia Season 3 untuk kemudian dijual secara eksklusif di Blibli.com. Proyek kolaborasi ini dilakukan oleh Saroengan X John Martono, Amazara X Magdalene, twet Ramadhan X Jakarta Creative, Niluh Djelantik X Rattan Bali, Novita Dwi P (NDP Project) X My Daily Hijab, Syanaz Nadya Roro Kenes Bag, Tri Meiyanti-Mei By Omah Manten, Novi Kurnia Abon Cap Koki, serta Andien X Cahaya Lampu. Caki Zoehra, Founder Saroengan dan John Martono, seniman Indonesia menjeIaskan provek kolaborasi ini merupakan salah satu langkah tepat dalam mengembangkan brand dan produk lokal"Proyek kolaborasi seperti ini dampaknya sangat positif bagi pengusaha kreatif muda atau UMKM lokal, karena dapat memberikan kesempatan untuk membuat Iini produk lebih berwarna dan berbeda dari sebelumnya dan juga membuka pasar atau audiens baru karena ketika dua bidang yang berbeda disatukan tentunya membuka pintu kesempatan untuk terpapar dengan market yang berbeda. Hal ini tentunya menciptakan potensi pasar lebih besar lagi dan pada akhirnya
menguntungkan pertumbuhan UMKM di Indonesia,” ungkap keduanya.

The Big Start Indonesia (TBS) Season 3 didukung sepenuhnya oleh JNE sebagai Platinum Partner, BCA, XL Business Solution, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan lnformatika Republik Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya, dan  Intel indonesia Corporation Perjalanan para finalis Top 20 selama proses karantina disiarkan di Youtube Blibli.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT Bintang Anugerah Kencana Sebagai Distributor Nasional Indonesia Yang Ditunjuk Oleh F-Secure

Grand Lunching Store 'BRATPACK" PIM 2

Meramaikan Perfilman Indonesia MD Pictures Menghadirkan Film Horor " Ruqyah"