Dukungan Bekraf Untuk Film Kado Di Sundance Festival



Badan Ekonomi Kreatif (Bekrat) memberikan dukungan kepada Miles Films sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia di Sundance Film Festival 2019 di Utah, Amerika Serikat. Pada acara yang dilaksanakan 24 Januari-3 Februari 2019. Miles Films melakukan screening film pendek Kado (A Gift). Dukungan ini diberikan sebagai upaya penguatan ekosistem industri perfilman Tanah Air.

Sundance Film Festival merupakan top five international film festival. Kepwertaan wakil Indonesia di festival fllm bergengsi ini diharapkan menjadi pintu masuk kerja sama dengan Sundance Institute. Institut yang didirikan pada 1981 ini memiliki 13 program untuk mendukung pengembangan kompetensi bagi pembuat film independent, artisteater, artis teater dan juga komposer.

“Bekraf memberi dukungan penuh kepada Miles Films sebagai perwakilan Indonesia di Sundance Film Festival, Utah, Amerika Serikat. Festival ini tidak hanya menjadi ajang screening film Kado (A Gift) yang diproduksi Miles Films tapi juga penjajakan kepada Sundance Institute untuk bekerja sama dalam upaya meningkatkan skill pelaku industri film Indonesia,”ujar Kepala Bekraf, Triawan Munaf saat press conference di CGV FX Sudirman, Senin (21/01/19). Inisiatif ketja sama ini muncul karena Sundance Institute saat ini juga membuka ketja sama dengan ncgara di Asia Tenggara. Produser Film Kado, Mira Lesmana menyampaikan kerja sama dengan Sundance Institute bisa dilakukan untuk program Episodic Storytelling, Creative Producing, dan Creative Distribution Initiatives. Episodic Storytelling berupa workshop selama enam hari di Sundance Resort, Utah bagi penulis skenario untuk membuat Original pilot script.

Creative Producing mencakup serangkaian lab, fellowship, dan kegiatan sepanjang tahun dan juga
memperbaharui komunitas produsen untuk mempertahankan semangat film independem Sedangkan Creative Distribution Initiatives bertujuan memberdayakan pembuat fllm untuk
menavigasi bisnis film independen.

"Bekraf terus mendukung pelaku kreatif berprestasi untuk bisa berprestasi internasional melalui program Travel Grant. Pelaku lcreatif bisa mengajukan Travel Grant,"ujar Endah Wahyu Sulistianti, Deputi Hubungan Antar lembaga dan Wilayah Bekeaf.

“Setiap tahun, Bekaf selalu memberi dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif berupa Travel Grant untuk berkiprah di tingkat intemasional. Pada 2018, total pendukungan yang diberikan sebanyak 42 kegiatan,” ungkap Endah.

Film Kado yang disutmdarai Aditya Ahmad ini juga menjadi salah satu penerima pendukungan di tahun lalu untuk tampil di Venice International Film Festival (IFF) dan mcnjadi pemenang Film Pendek Terbaik Orizzonti 75“ Venice IFF dan mendapat perhatian positif dari penonton intemasional. Hal tersebut membuktikan kualitas karya anak bangsa tidak kalah dan mampu bersaing di dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sophie Martin Plaza Semanggi Keren

PT Bintang Anugerah Kencana Sebagai Distributor Nasional Indonesia Yang Ditunjuk Oleh F-Secure

Grand Lunching Store 'BRATPACK" PIM 2