Kesempatan Untuk Talenta Musik Indonesia Ke Kancah Internasional




Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) mendukung pelaku ekonomi kreatif memasuki pasar global. Salah satu sub-sektor yang telah mendapatkan perhatian karena potensinya adalah musik. Berdasarkan buku OPUS 2019, sub-sektor musik mengalami
perkembangan cukup menjanjikan dengan Pertumbuhan PDB 7,59% dan menghasilkan PDB senilai Rp 4.426 Miliar pada tahun 2016.

"International Federation of Phonographic Industry (IFPI) menyatakan musik dapat menjadi pendorong kegiatan ekonomi, penyerap tenaga kerja, meningkatkan ekspor, dan menciptakan sumber pendapatan pajak dan alasan inilah yang melatarbelakangi optimisme BEKRAF menjadikan subsektor musik sebagai salah satu prioritas kami,"ujar Triawan Munaf, Kepala BEKRAF.

"Dalam buku OPUS 2019 juga dijelaskan bahwa Amerika Serikat menempati peringkat pertama negara tujuan ekspor untuk produk Ekonomi Kreatif Indonesia pada tahun 2016 dengan persentase 30,24% dan melihat berbagai aspek ini, BEKRAF bekerja sama dengan 88rising menginisiasi program Indonesia Creative Incorporated (ICINC), sebagai upaya memperbesar kesempatan solois Indonesia yang berbakat untuk menjangkau pasar global, seperti Amerika Serikat,” jelas Triawan Munaf, Lounge XX1 Plaza Senayan, Jakarta (24/04/19).

“Kolaborasi dengan BEKRAF adalah inisiatif luar biasa karena kami memiliki kesamaan misi, dan melalui proyek ini, kami memiliki kesempatan melakukan program dengan dampak lebih luas Iagi. ICINC tidak hanya mendorong vokalis solo baru berbakat untuk mengasah keterampilan dan kemampuan mereka, tetapi juga mengasah kreativitas mereka untuk terus berkembang di lingkungan tepat dengan platform dan sumber daya yang tepat pula,”kata Sean Miyashiro, CEO 88rising

Beberapa tahun terakhir, 88rising sukses menarik perhatian dunia melalui para musisinya yang berasal dari berbagai negara di Asia, termasuk di antaranya talenta muda Indonesia, Rich Brian. 88rising didirikan dengan misi merayakan budaya anak muda Asia dan membawa talenta-talenta Asia ke panggung global. Semua seniman yang tergabung di dalam 88rising memiliki cerita dan gaya unik, tetapi secara kolektif, mereka mewakili beragam spektrum dan kekuatan kreativitas anak muda Asia.

“Kami sangat bangga atas Rich Brian yang sukses merepresentasikan talenta muda Indonesia ke dunia. Dia masih muda namun sangat berbakat dan mampu menciptakan karya seni berkualitas tinggi. Dia adalah seorang seniman pengubah arah sejarah dan selalu mewakili Indonesia saat
melakukannya. Kami juga percaya bahwa kombinasi dari talenta dan pemahaman kami tentang pasar globaI berkontribusi dibalik kesuksesan artis-artis kami,”ungkap Sean.

Pendaftaran ICINC akan dibuka mulai 24 April-31 Mei melalui www.icinc.id. Nantinya, solois terpilih akan berpartisipasi dalam program pelatihan di Los Angeles, California, dimana 88rising akan membantu mereka secara Iangsung menciptakan single debut mereka serta memberikan pemahaman mendalam tentang industri musik global.

BEKRAF menyatakan harapan mereka untuk program ini, terutama dalam semangatnya memperkenalkan talenta musisi Indonesia ke pasar global. “Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat menemukan talenta Indonesia yang mampu bersaing di pasar global dan memperkuat representasi solois Indonesia di pasar global,"kata Triawan Munaf.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sophie Martin Plaza Semanggi Keren

PT Bintang Anugerah Kencana Sebagai Distributor Nasional Indonesia Yang Ditunjuk Oleh F-Secure

Grand Lunching Store 'BRATPACK" PIM 2