Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2016, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk


JW Marriot Jakarta, 31 Maret 2017
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk akan membagikan dividen total Rp 4,52 triliun kepada para pemegang saham atau 40 persen dari laba bersih perusahaan pada 2016. Nilai tersebut setara dengan Rp 304,92 per lembar saham.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Semen Indonesia Rizkan Chandra usai rapat umum pemegang saham (RUPS)
"Dalam rapat telah menyetujui untuk membagikan dividen dalam waktu dekat sebesar Rp1,81 triliun atau 40 persen dari laba bersih," kata Rizkan.
Namun, Rizkan menuturkan laba bersih yang dibukukan di tahun 2016 ini tidak ada perubahan dari tahun sebelumnya. Mengingat laba perseroan mengalami penurunan.
"Laba perseroan yang tetap stabil di level tersebut, dikarenakan posisi pendapatan mengalami penurunan dari Rp 26,94 triliun menjadi Rp 26,13 triliun," tambahnya.
Rizkan juga menyebutkan sisa perolehan laba bersih sebesar Rp 2,71 triliun atau sekitar 60 persen dari Rp 4,52 triliun akan digunakan sebagai dana cadangan untuk tahun ke depannya. Dengan demikian, bisa bermanfaat bagi modal kerja perseroan",jelas Rizkan.

Selama 2016, Semen Indonesia
meraup laba bersih sebesar Rp4,52
triliun, angka raupan laba tidak ada perubahan bila dibanding posisi
periode 2015. Laba perseroan yang
tetap stabil di level tersebut, dikarenakan posisi pendapatan
mengalami penurunan dari Rp26,94
triliun menjadi Rp26,13 triliun.

Hasil rapat tersebut juga disetujui perombakan jajaran komisaris dan direksi. Di mana posisi Komisaris Utama ditempati oleh Sutiyoso yang merupakan mantan Kepala Badan intelijen Negara (BIN). Sutiyoso .

Untuk jajaran direksi, pemegang saham Rizkan Chandra sebagai Direktur Utama , Darmawan Junaidi Direktur Keuangan dan Agung Yunanto menjadi direktur perseroan yang akan mengurusi permasalahan sumber daya manusia (SDM) dan hukum Sedangkan Ahyanizzaman akan menjabat sebagai Direktur Pemasaran & Supply Chain.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk telah berhasil melaksanakan Proyek CDM melalui pemanfaatan biomasa sebagai bahan bakar alternatif di Pabrik Tuban 1 dan 3. Sampai dengan Februari 2016. jumlah biomasa yang telah dipergunakan sebesar 275.778 ton. Biomasa yang dipergunakan berasal dari sekam padi dan cocopeat.

Perseroan telah melakukan penyerahan secara simbolis Emission Reduction Certificate kepada Duta Besar Swedia (16/1). Penyerahan sertifikasi ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan jual beli Certified Emission Reduction (CER) antara PT Semen lndonesia (Persami Tbk dengan Pemerintah Swedia melalui Swedish Energy Agency. Semen lndonesia telah berhasil melakukan proyek Clean Development Mechanism (CDM) melalui subtitusi batubara dengan bahan bakar alternatif dari Biomasa di pabrik Tuban, melalui proyek CDM.

Satuan penurunan emisi gas rumah kaca (CD:) yang dilakukan di negara-negara . GER tersebut dikonversikan menjadi sebuah kredit (issuance) yang dapat dibeli oleh ara maju melalui UNFCCC. Setiap CER berarti telah melakukan penurunan emisi sebesar 1 tonCO2eq.

Dewan Komisaris:
Komisaris  Utama, Sutiyoso.

Komisaris,  Hambra, Sony Subrata, Astera Primanto Bhakti.

Komisaris Independen:
Wahyu Hidayat, Djamari Chaniago. Nasaruddin Umar.

Direksi:
Direktur Utama, Rizkan Chandra.

Direktur Keuangan, Darmawan Junaidi.

Direktur Pemasaran dan Supply Chain.

Direktur Produksi dan Strategi Bisnis, Johan Samudra.

Direktur Pengembangan Usaha dan Litbang, Budi Siswoyo.

Direktur Enjiniring dan Proyek, Aunur Rosyidi.

Direktur SDM dan Hukum, Agung Yunanto.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sophie Martin Plaza Semanggi Keren

PT Bintang Anugerah Kencana Sebagai Distributor Nasional Indonesia Yang Ditunjuk Oleh F-Secure

Grand Lunching Store 'BRATPACK" PIM 2