Konferensi press Stasiun Juanda 30 Maret 2017
Jadwal Baru KRL Jabodetabek Mulai Diterapkan 1 April 2017

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mulai 1 April 2017 akan memberlakukan jadwal baru perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) tahun 2017 yang sebelumnya telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. GAPEKA 2017 menggantikan GAPEKA tahun
2015 yang selama ini menjadi dasar penyusunan jadwal kereta, termasuk KRL.

Mulai 1 April 2017 PT KCJ secara bertahap akan mengoperasikan 898 perjalanan KRL per hari. Jumlah tersebut bertambah dibanding saat ini, dimana setiap harinya beroperasi 886 perjalanan KRL.

Penambahan perjalanan paling banyak terdapat di lintas Tanah Abang Serpong/ Parung Panjang/Maja/Rangkasbitung PP, sejalan dengan perpanjangan relasi KRL hingga Rangkasbitung yang akan menggantikan slot perjalanan Kereta Api Lokal. Jumlah perjalanan KRL di lintas ini akan mencapai 186 perjalanan setiap harinya, sementara sebelumnya hanya ada 151 perjalanan.jumlah perjalanan KA di Lintas Bogor/Depok Jakarta Kota PP dan Bogor/Nambo/Depok Jatinegara PP juga akan bertambah. Mulai 1 April para pengguna KRL di lintas tersebut akan dilayani oleh 409 perjalanan kereta. Bertambahnya perjalanan terutama di lintas Bogor/Nambo/Depok Jatinegara PP adalah solusi untuk menggantikan sebagian perjalanan KRL feeder relasi Manggarai Duri yang slot perjalanannya harus mulai berbagi dengan rencana beroperasinya KA Bandara Soekarno Hatta mulai tahun 2017 ini.

Pembagian slot juga terjadi di lintas Duri Tangerang PP. Jarak waktu kedatangan antar kereta (headway) di stasiun pada lintas ini akan menjadi sekitar 30 menit, hal tersebut dilakukan untuk memberi ruang bagi persiapan beroperasinya KA Bandara sesuai ketetapan  pada Gapeka 2017.

PT KCJ juga menghimbau para pengguna di lintas Duri Tangerang untuk sementara agar menghindari turun naik di Stasiun Duri mengingat adanya proyek pembangunan Stasiun

yang membuat luas peron berkurang. Para pengguna dapat turun naik KRL melalui stasiun alternatif terdekat yakni Stasiun Grogol.

Sementara itu di lintas Bekasi Jakarta Kota PP, jumlah perjalanan KRL tidak banyak berbeda dengan yang ada sekarang. Mulai 1 April mendatang, para pengguna akan dilayani oleh 154 perjalanan KRL setiap harinya. Perbedaannya adalah, kini terdapat pilihan rute lain bagi pengguna di lintas ini yaitu Bekasi Jakarta Kota PP melalui jalur Pondok Jati Pasar Senen Kampung Bandan. Dari 154 perjalanan per hari, ada delapan perjalanan yang melalui rute Bekasi Jakarta Kota melalui Stasiun Pasar Senen.

“Penyusunan GAPEKA 2017 ini telah berlangsung cukup lama, dengan memerhatikan berbagai masukan, utamanya adalah saran dari para pengguna. Kami berharap dengan memberlakukan jadwal baru berdasarkan GAPEKA 2017, para pengguna KRL dapat lebih terakomodir kebutuhannya," jelas Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila.

Untuk menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal baru dan besaran tarif sesuai tujuan penumpang, maka para pengguna dapat melihat seluruh jadwal KRLmelalui aplikasi KRL Access yang dapat diunduh melalui Android dan iOs. Selain aplikasi, jadwal baru juga dapat dilihat melalui website dan sejumlah media informasi yang telah tersedia di stasiun KRL Jabodetabek.

Penambahan kapasitas angkut juga akan dilakukan PT KCJ melalui program pengoperasian KRL dengan formasi 12 dan 10 kereta yang lebih banyak pada tahu 2017 ini.

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mulai 1 April 2017 akan mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) hingga Stasiun Rangkasbitung. Akan ada 16 perjalanan PP yang melayani para pengguna di lintas Rangkasbitung Tanah Abang. Pengoperasian KRL ini merupakan upaya KCJ untuk memperluas jangkauan KRL

Jabodetabek sejalan dengan target PT KCJ melayani 1,2 juta penumpang pada 2019 mendatang.

“Dari persiapan yang telah dilakukan sejak awal tahun dan sejumlah uji coba, kami telah siap sepenuhnya untuk melayani para pengguna KRL sampai ke Rangkasbitung,” ungkap Direktur Utama PT KCJ, M N Fadhila.

PT KCJ telah menyiapkan infrastruktur e-ticketing dan kelengkapan pelayanan di Stasiun Rangkasbitung dan Citeras. Berbagai pemeriksaan dan uji coba kesiapan sarana prasarana perkeretaapian juga telah dilakukan bersama PT Kereta Api
Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Hingga saat ini penumpang tujuan ke Stasiun Rangkasbitung maupun Angke dilayani dengan lima rangkaian kereta lokal relasi Rangkasbitung Angke PP. Mulai 1 April 2017, seluruh rangkaian kereta lokal tersebut akan digantikan dengan KRL dan mengakhiri perjalanan hanya sampai Stasiun Tanah Abang. pengguna jasa yang akan menuju Stasiun Angke dapat transit di Stasiun Tanah Abang untuk berpindah KRL. Dengan beroperasinya KRL relasi Rangkasbitung Tanah Abang maka Stasiun Angke mulai 1 April 2017 kembali dioperasikan untuk pelayanan penumpang KRL.


Pen hitun an tarif ' g . 8 KRL. Juga berbeda dengan KA Lokal. KRL menggUnakan Lam progresrf berdasarkan jarak tempuh sesuai dengan mekanisme pentarifan yang

berlaku saat im yakni 25 kilometer pertama sebesar Rp 3.000 dan untuk 10 km berikutnya dan kelipatan adalah sebesar Rp 1.000.

Dengan jarak Rangkasbitung Tanah Abang sejauh 72,7 km maka tarif yang perlu dibayarkan pengguna adalah Rp 8.000.

Beroperasinya KRL sampai Stasiun Rangkasbitung juga mengubah jarak perjalanan terjauh di seluruh lintas KRL Jabodetabek. Sebelumnya jarak terjauh adalah Bogor Maja, kini menjadi Bogor Rangkasbitung dengan jarak tempuh total 123,62 km. Perubahan ini berdampak pada saldo minimum Kartu Multi Trip (KMT) yang besarannya memang diatur sesuai tarif jarak terjauh. Terhitung sejak 1 April 2017,

saldo minimum KMT bertambah dari Rp 12.000 menjadi Rp 13.000 sesuai tarif perjalanan Bogor Rangkasbitung.

“Meskipun ada perbedaan tarif, para pengguna kereta dari Rangkasbitung dan sekitarnya kini tidak perlu lagi khawatir kehabisan tiket. KRL tidak mengenal sistem pembatasan tiket, sehingga para pengguna dapat selalu membeli tiket kereta untuk jadwal keberangkatan KRL terdekat, ” jelas Fadhil.

Sementara untuk kemudahan transaksi tiket, PT KCJ menghimbau pengguna jasa untuk lebih banyak menggunakan tiket berlangganan Kartu Multi Trip (KMT) dengan sistem potong saldo dan tanpa masa kedaluwarsa. Penggunaan KMT akan memudahkan aktivitas menggunakan krl lantaran penumpang tidak perlu lagi antri diloket untuk melakukan transaksi tiket setiap akan melakukan perjalanan krl. Selama saldo minimum tercukupi maka penumpang dapat langsung menuju gate tanpa perlu antri di loket stasiun. Tiket Kartu Multi Trip (KMT) dapat diperoleh dengan mudah dan tersedia di seluruh loket stasiun KRL.

PT KCJ juga menghimbau para calon pengguna untuk tidak merokok di area stasiun dan didalam rangkaian KRL serta memperhatikan ketentuan terkait barang bawaan serta aturan dan larangan di dalam KRL. Adapun dimensi barang bawaan yang diperbolehkan adalah maksimum berukuran 100 cm X 40 cm X 30 cm. Para pengguna juga tidak diperkenankan untuk makan, minum, membuang sampah
sembarangan, dan duduk di lantai KRL.


Jakarta, 30 Maret 2017

Bersamaan dengan berlakunya Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2017, PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) mulai Sabtu (1/4) akan mengubah sebagian kec1l perjalanan KRL lintas Jakarta Kota Bekasi PP. Sebelumnya seluruh perjalanan di lintas ini

melalui jalur Stasiun Jatinegara, Manggarai, Gondangdia, hingga Jakarta Kota.

Selanjutnya, delapan perjalanan di lintas ini akan melewati jalur Stasiun Jatinegara Pondok Jati, Pasar Senen, Kampung Bandan hingga Jakarta Kota.

Mulai 1 April mendatang, pengguna KRL lintas Bekasi akan dilayani oleh 154 perjalana KRL. Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan jadwal yang ada saat ini. Namun hany

delapan dari 154 perjalanan tersebut yang akan melalui jalur Pasar Senen. Jumlah rangkaian kereta yang melayani lintas Bekasi tetap 13 rangkaian terdiri dari kereta deng formasi 12 kereta, 10 kereta, maupun 8 kereta.

Berikut jadwal KRL Relasi Bekasi Jakarta Kota PP yang melalui Pasar Senen:

1. Bekasi Jakarta Kota, berangkat 05.38 WIB 2. Bekasi Jakarta Kota, berangkat 08.21 WIB

3. Bekasi Jakarta Kota, berangkat 12.48 WIB

4. Bekasi Jakarta Kota, berangkat 15.14 WIB

5. Jakarta Kota Bekasi, berangkat  07.05 WIB

6. Jakarta Kota Bekasi , berangkat 10.06 WIB

7. Jakarta Kota Bekasi, berangkat 13.57 WIB

8. Jakarta Kota Bekasi, berangkat 16.46 WIB


“Melalui pengoperasian KRL rute baru ini, PT KCJ berharap dapat mengurai kepadatan antrean kereta di Stasiun Manggarai, hal ini sekaligus menjawab kebutuhan pengguna jasa filintas Bekasi yang memerlukan rute alternatif,” jelas Direktur Operasi dan Pemasaran KCJ Subakir.

Saat ini dari keseluruhan total 886 perjalanan KRL, 71% diantaranya melewati Stasiun Manggarai, terdiri dari KRL lintas Bekasi Jakarta Kota PP, Bogor/ Depok Jakarta Kota PP, Bogor/Depok/Nambo Duri/Jatinegara PP, dan KRL feeder Manggarai Duri PP. Selain itu,

sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh maupun kereta barang juga melintas di Stasiun Manggarai.

Sebagai solusi jangka panjang antrean kereta memasuki Stasiun Manggarai, saat ini pemerintah sedang membangun jalur ganda baru atau double double track (DDT) lintas

Manggarai Bekasi. Jalur ganda baru nantinya akan memisahkan jalur KRL dengan Kereta Api Jarak Jauh.

Selain pembangunan jalur ganda baru, pemerintah dalam hal ini Dirjenka Kementerian
Perhubungan juga akan melakukan pembangunan Stasiun Manggarai dan beberapa stasiun lainnya di jalur Bekasi sampai dengan Manggarai.

Seiring dengan pengembangan infrastruktur yang dilakukan, diharapkan kedepannya
perjalanan KRL dapat terus ditingkatkan untuk dapat mengakomodir kebutuhan jasa transportasi KRL.

Pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek mulai 1 April 2017 akan semakin merasakan kemudahan dalam mengakses layanan KRL. Para pengguna Kartu Multi Trip (KMT) KRL akan dapat melakukan isi ulang saldo kartu di gerai Alfamart sekitar stasiun KRL Jabodetabek. Hingga saat ini tercatat 495 gerai Alfamart di stasiun dan wilayah sekitarnya yang dapat melayani top-up KMT.

Langkah ini merupakan upaya selanjutnya dalam modernisasi sistem transaksi tiket elektronik (e-ticketing) KRL Jabodetabek yang telah berlangsung sejak tahun 2013. Selanjutnya PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) juga tengah menyiapkan layanan transaksi serupa di Alfamart untuk Tiket Harian Berjaminan (THB). Selain itu, isi ulang saldo KMT melalui mesin ATM dan internet banking juga akan tersedia dalam waktu dekat.

“Program modernisasi e-ticketing ini merupakan komitmen KCJ untuk semakin memudahkan penggunanya. Kini ada pilihan lain bagi pengguna saat antrian di loket atau vending machine cukup panjang, ” jelas Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila. “ini adalah pertama kalinya pengguna dapat melakukan isi ulang selain di stasiun. Terobosan ini juga menunjukkan dukungan KCJ untuk semakin memperluas gerakan transaksi nontunai yang digagas pemerintah,” ucap Fadhil.

Hingga penghujung tahun 2016, tercatat jumlah transaksi elektronik pengguna KMT sebesar ”9.337.362, THB sebesar 11 9.702.936, dan pengguna kartu uang elektronik dari bank sebesar 41.546.109. Dalam mendukung penambahan volume pengguna dan transaksi elektronik, PT KCJ melakukan penambahan perangkat 200 unit gate elektronik dan 400 unit vending machine tahun ini, dimana 60 diantaranya adalah vending machine khusus fare adjustment. Nantinya penumpang yang kurang bayar akibat perbedaan tujuan stasiun, hanya perlu membayar selisih kekurangan perjalanannya melalui mesin penyelaras tarif ini.

Pengguna dapat mengidentifikasi Alfamart yang melayani top up KMT dengan adanya tanda khusus di kasir, dan keberadaan mesin pembaca (reader) KMT. Adapun langkah-langkah

top-up KMT di gerai Alfamart tidak berbeda dengan yang dilakukan di loket stasiun ataupun vending machine. Pengguna hanya perlu memilih nominal top-up yang diinginkan, lalu membayar di kasir. Pengguna kemudian akan diminta meletakkan KMT pada reader

yang tersedia di meja kasir, dan menunggu hingga proses isi ulang selesai.

Pada tahap awal ini sejumlah 495 gerai Alfamart, yang terbagi menjadi 156 gerai berada dalam radius kurang dari 2 kilometer dengan sebaran di 55 stasiun, dan sisanya 339 gerai dengan radius lebih dari 2 Km telah siap melayani top up KMT.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT Bintang Anugerah Kencana Sebagai Distributor Nasional Indonesia Yang Ditunjuk Oleh F-Secure

Grand Lunching Store 'BRATPACK" PIM 2

Meramaikan Perfilman Indonesia MD Pictures Menghadirkan Film Horor " Ruqyah"