Quipper Hadirkan Super Teachers Tantangan Pendidikam Generasi Z



Perubahan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu dinamis saat ini menghadirkan tantangan tersendiri bagi sektor pendidikan. Sebagai aktor utama dalam pendidikan, peran guru menjadi krusial karena dianggap sebagai sumber informasi pertama yang membuka jendela wawasan dalam praktek pendidikan normatif. Sebagai pendidik dan tenaga kependidikan, guru juga harus menjadi role model terbaik bagi siswanya baik di kelas maupun di luar kelas.

"Ada empat kompetensi dasar yang harus dimiliki antara Iain kemampuan untuk berpikir kritis, kemampuan untuk berkomunikasi baik menggunakan media maupun secara Iangsung, kemampuan berkolaborasi dan kreativitas untuk menghasilkan inovasi.” ujar Dr.Tagor Alamsyah Harahap M.Kom, Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Ditjen GTK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
di Multivison Tower, Jakarta Selatan pada 17 September 2018.

Pentingnya 4 kompetensi dasar yang wajib dimiliki oleh peserta didik dan pentingnya peran guru untuk membantu siswa menggali potensi diri, Quipper Indonesia sebagai salah satu perusahaan edukasi teknologi tingin turut andil dalam menciptakan generasi emas bagi Indonesia. Setelah melalui berbagai rangkaian proses seperti focus group discussion dan bertanya Iangsung kepada sejumlah siswa tingkat menengah, terdapat sebuah fakta dimana motivasi belajar yang kurang, tampilan pelajaran yang kurang menarik dan implementasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal penting yang kerap kali luput dari pengajaran normatif di kelas.

Maka Quipper Indonesia merancang sebuah program yang dinamakan Quipper Super Teachers dimana sejumlah guru profesional dan juga tokoh inspiratif mengajar di Quipper Video sebagai upaya untuk membantu peserta didik mengasah kemampuan berpikir kritis dan juga kreatifitas agar menjadi generasi emas yang unggul dan kompeten dalam menghadapi tantangan abad 21.

Quipper Super Teachers terdiri dari individu berbakat dengan Iatar belakang dan keahlian yang berbeda-beda. Dari Iatar belakang selebriti tanah air Quipper Super Teacher menghadirkan Febby Rastanty dan Vidi Aldiano. Febby dipilih karena kesuksesannya sebagai aktris tidak membuatnya mengesampingkan pendidikan. Terbukti Febby lulus cum laude dan hanya 3,5 tahun dari Fakultas Hukum Universitas ilndonesia. Kemudian Vidi Aldiano, sukses sebagai penyanyi papan atas tanah airjuga tidak menyurutkan mimpinya untuk meraih gelar Magisternya di University of Manchester. Disamping mereka, juga terdapat sejumlah guru profesional yang merupakan favorit para pelajar pengguna Quipper Video. Mereka adalah Cecep Saiful Mukti, Fiktor Piawai, Pratita Atinirmala dan Andjar Tyassih.

Pipit Indrawati selaku Head of Content Quipper Indonesia mengatakan, ”Saat ini fokus kami adalah merancang konten bagi generasi Z yang menitikberatkan kepada critical thinking, konten aplikatlf yang implementasinya dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, video animasi agar menarik bagi para pelajar dan dapat meningkatkan motivasi belajar mereka.” Pipit juga menambahkan bahwa dalam pendidikan, kualitas konten merupakan hal penting yang selalu dijaga oleh Quipper Indonesia.

Dalam jumpa pers tersebut Vidi Aldiano juga mengatakan, ”menjadi guru di Quipper Video merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa, karena saya dapat menyalurkan passion saya, tidak hanya memberikan dampak kepada orang di dalam satu kelas saja, tapi ke seluruh anak Indonesia yang mengakses Quipper Video.”

Febby Rastanty dan seluruh guru yang tergabung dalam Quipper Super Teachers, untuk menghasilkan generasi yang memiliki kompetensi yang baik, guru juga harus diberikan pelatihan khusus agar memenuhi standar kompetensi tersendiri. Mengingat tantangan guru dalam menggunakan metode kolaboratif, kreatif dan berkelanjutan masih harus diasah. Dalam hal ini pemanfaatan teknologi dapat menjawab tantangan tersebut, salah satunya dengan“ Quipper Super Teachers yang menghadirkan guru dari berbagai figur dan latar belakang yang berbeda.

Sebagai perusahaan edukasi teknologi. Quipper Indonesia berharap program Quipper Super Teacher dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar agar dapat menjadi generasi emas yang membawa Indonesia ke arah yang Iebih baik Iagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sophie Martin Plaza Semanggi Keren

PT Bintang Anugerah Kencana Sebagai Distributor Nasional Indonesia Yang Ditunjuk Oleh F-Secure

Grand Lunching Store 'BRATPACK" PIM 2