" JICT Cetak Sejarah Baru Layani Kapal Petikemas Terbesar Di Indonesia"



“JICT Cetak Sejarah Baru Layani Kapal Petikemas Terbesar di Indonesia”

JAKARTA Jakarta International Container Terminal (JICT) mencetak sejarah baru di tahun 2017. Pelabuhan peti kemas ini sukses melayani kapal terbesar “CMA CGM Otello”, milik perusahaan pelayaran Perancis, Compagnie Maritime d'Ajjcretement Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM).

Sebelumnya, 2 kapal berukuran besar lainnya yakni “CMA CGM Titus” dan “Tancredi” juga sukses dilayani dengan produktivitas pelabuhan yang prima di JICT, yakni 27-30 Mph (move per hour).

"Kapal-kapal CMA CGM ini dilayani dengan kecepatan dan produktivitas yang sangat handal. Mereka yang terbesar sepanjang sejarah Priok berdiri," ujar Direktur Utama JICT, Gunta Prabawa, dalam acara seremoni di dermaga Utara JICT, Jakarta, Minggu (23/4/2017).

Dari kunjungan kapal terbesar itu, menandakan era baru kapal-kapal yang akan singgah di Priok. Menurut Gunta, sejarah baru tersebut menandakan kesiapan JICT dalam menyediakan layanan pelabuhan kelas dunia.

"JICT bersama stakeholders pelabuhan melakukan tugasnya dengan baik sehingga perusahaan pelayaran global mempercayakan kapalnya dilayani di sini. Sudah pasti respons terminal untuk memberikan yang terbaik," kata Gunta.

Kapal CMA-CGM Otello memiliki panjang 334 meter dan melakukan bongkar muat petikemas sebanyak 1.551 TEUS. Menurutnya CMA-CGM telah sepakat menjalin
kerjasama dengan PT. HCT dengan membuka layanan baru, yakni dengan nama “Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services/ JAX Services”.

"Service dengan jadwal satu kali setiap minggu ini akan melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (LA & Oakland) Amerika Serikat. Layanan perdana JAX Services dilakukan pada 9 April 2017 dengan kapal CMA-CGM Titus. Harapan kami eksportir dan
importir di tanah air dapat mengoptimalkan layanan ini," pungkas Gunta.



“Sejarah Pelayanan Pelayaran Tujuan Langsung (Direct Call) di JICT”

Tahun 2000 JICT bekerjasama dengan P&O Nedloyd untuk pelayanan langsung ke Eropa. Service ini
ditandai dengan masuknya Kapal “MV Texas” dengan kapasitas 3.052 TEUs dan panjang 289 meter.

Tahun 2007
JICT bekerjasama dengan Maersk Line untuk pelayanan langsung ke Afrika. Service ini ditandai dengan masuknya Kapal berkapasitas 2.500 TEUs dan panjang 220 meter.

Tahun 2011
JICT bekerjasama dengan konsorsium pelayaran termasuk APL (American President Line) untuk pelayanan langsung ke Australia. Service ini ditandai dengan masuknya Kapal “MV Boomerang” dengan kapasitas 4.000 TEUs dan panjang 286 meter.

Tahun 2012
JICT bekerjasama dengan Maersk Line untuk layanan langsung “Noorthern Loop”, Jakarta Fremantle, Australia. Service ini ditandai dengan masuknya Kapal MV Maersk Diadema dengan kapasitas 4.542 TEUs dan panjang 250 meter.

Tahun 2014
JICT bekerjasama dengan Pelayaran China Shipping untuk layanan langsung “Sundex”, Jakarta Eropa. Service ini ditandai dengan masuknya Kapal MV CSCL Felixtowe dengan kapasitas 4.500 TEUs dan panjang 297 meter.

Tahun 2017
JICT bekerjasama dengan Pelayaran CMA CGM untuk layanan langsung “JAX”, Jakarta

Amerika. Service ini ditandai dengan masuknya Kapal MV CMA CGM Titus dengan kapasitas 8.500 TEUs dan panjang 334 meter.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sophie Martin Plaza Semanggi Keren

PT Bintang Anugerah Kencana Sebagai Distributor Nasional Indonesia Yang Ditunjuk Oleh F-Secure

Grand Lunching Store 'BRATPACK" PIM 2