KSPI Dan INDUSTRIALL GLOBAL UNION Serikat Buruh Nasional




Penjelasaan sikap serikat buruh          internasional terhadap kasus.               perburuhan di PT Smelting PT Gersik                                                       
Aksi buruh Indonesia untuk                  
mendapakan haknya yang Iayak melalui mekanisme kenaikan Upah minimal (UMP/UMR) mendapat dukungan dari serikat buruh internasional Industri ALL Global 
Union. 

Pemimpin serikat buruh internasional yang juga Sekjen Industri ALL Global Union, menyatakan akan memberikan dukungan penuh kepada buruh Indonesia dalam usahanya meningkatkan upah minimum untuk menjamin upah Iayak, reformasi sosial dan membatasi outsourcing. 

"Kita mendukung empat isu utama yang disampaikan buruh Indonesia selama ini yakni kenaikan upah minimal buruh hingga 30%, pelaksanaan BPJS bagi seluruh rakyat Indonesia, penghapusan outsourcing, dan perlindungan hak-hakdasar
pekerja.

Selain isu utama upah minimum, mendukung pada jaminan kesehatan universal kepada seluruh rakyat Indonesia yang sudah diberlakukan mulai 1 Januari 2014.Meski masih ada sekitar inuta rakyat miskin yang belum ter cover dalam BPJS. 

“Namun disayangkan ada upaya pengusaha untuk menarik kembali reformasi jaminan sosial yang sudah disahkan lewat UU BPJS. lni merupakan ancaman bagi perdamaian serta keadilan sosial danjalan Indonesia menuju kemakmuran bagi semua warga negara Indonesia. 

Presiden KSPI Said Iqbal juga menyayangkan adanya. upaya Apindo untuk memberangus upaya-upaya demo buruh. 

"Kami mendapat informasi Apindo melakukan pertemuan dengan Kapolri untuk memindak tegas demo-demo buruh. lni ngawur, bukan pertemuannya, tapi permintaan Apindo. Kami minta Kapolri tidak terjebak dengan permintaan Apindo itu. Yang harus dilakukan kepolisian seharusnya bukan Iagi security aproach (refresif) namun welfare aproach (pendekatan kesejahteraan)”, ujar Iqbal. 

Kenaikan upah, sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan kenaikan upah hingga 3O persen tidak akan mengganggu iklim investasi. Sebab kenaikan upah bukan fokus utama bagi investor, melainkan bagaimana meningkatkan nilai invesasi.

“Upah pekerja itu terbanyak digunakan untuk konsumsi. Karena itu akan kembali pada peningkatan jual barang/ produk, yang pada akhirnya juga akan mendongkrak kemajuan industri itu sendiri.

”Labour cost itu cuma 5 hingga 10 persen. Itu sangat kecil. Fakanya di Indonesia labour cost Iebih kecil Iagi, yakni hanya 3,7 persen.]adi tidak akan mempengaruhi harga-harga barang”, tambah Iqbal. 

Selama kunjungannya di Indonesia 1115 Februari 2014,  diagendakan akan bergabung dalam demonstrasi (unjuk rasa damai) dan berbagai kegiatan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dan rapat industri ALL Indonesia Council. Industri ALL Global Union beranggotakan 50juta pekerja di 140 negara di sektor pertambangan dan energy, sektor manufaktur, dan juga merupakan kekuatan baru dalam solidaritas global yang berjuang untuk kondisi kerja yang lebih baik dan hakhak serikat buruh di seluruh dunia.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sophie Martin Plaza Semanggi Keren

PT Bintang Anugerah Kencana Sebagai Distributor Nasional Indonesia Yang Ditunjuk Oleh F-Secure

Familiar Song Gerald Situmorang