UKP Pancasila Apresiasi Penyelenggaraan Lebaran 2017



Pengarusutamaan Pancasila mencakup seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Seluruh aspek kehidupan diawali oleh nilai-nilai penting Pancasila. Penelusuran atas nilai-nilai tersebut oleh UKP Pancasila agar praktik terbaik (best practices) yang teIah dilaksanakan oleh berbagaI pihak dapat manjadi hikmah pembeIajaran (lesson team) untuk dipromosikan kepada masyarakat. Harapannya agar dapat menjadi contoh teIadan, baik dalam hidup bernegara khususnya tata kelola kepemerintahan dan perusahaan yang baIk (good governance).

Dalam kaitan tersebut, hari ini bertempat di Gedung Krida Bhakti, Sekretariat Negara, Jakarta 02 Juli 2017. Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP Pancasila) menyelenggarakan ”Apresiasi Prestasi Penyelenggaraan Lebaran 2017, 1 SyawaI 1438 H”. Tujuan dari agenda tersebut untuk memberikan apresiasi atas keberhasilan dalam pengamanan, pengendaIian, dan kelancaran dalam Penyelenggaraan Lebaran 2017. Agenda Apresiasi Prestasi yang akan diselenggarakan secara berkala dalam tiga bulanan tersebut, untuk kaIi pertama ini, memberikan piagam penghargaan kepada 15 Kementerian/Lembaga (K/L) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan aktif dalam Penyelenggaran Lebaran 2017 Ialu.

DaIam sambutannya, Kepala UKP Pancasila, Yudi Latif menyatakan, pokok soaI yang menentukan dalam pengarusutamaan Pancasila: kebersamaan Persatuan dengan mengupayakan Inklusi sosIaI; Keadilan Sosial dengan mengatasi kesenjangan social; Pelembagaan; dan Keteladanan.

”Untuk merespon soal pertama dan kedua, selama Agustus ini, kami akan menerbitkan dokumen otentik persidangan BPUPKI dari A.K. Pringgodigdo, bekerjasama dengan Seretariat Negara, Arsip Nasional dan Direktorat Sejarah Kemendikbud. Berikutnya Peluncuran Program Penyegaran Pendidikan Pancasila bagi mahasiswa seluruh Indonesia di Istana Bogor pada 11-12 Agustus hasil kerjasama dengan Kementerian Ristekdikti," tuturnya

Selanjutnya, diadakan juga Festival Prestasi Indonesia: Pancasila Inspirasi Maju. Untuk merayakan 72 ikon keteladanan clan prestasi Indonesia di berbagai bidang pada 21-22 Agustus yang ditutup pageIaran seni bertajuk "Pancasila Gemilang: Pancasila Inspirasi Maju" bertempat di Jakarta Convention Centre (ICC) pada 22 Agustus maIam.

"Acara hari ini ingin mengapresiasi kinerja positif aparatur Negara dan masyarakat yang telah menunjukkan semangat gotong-royong. Penghargaan serupa akan diberikan secara berkaIa dan diharapkan bergandengan tangan dengan Pokja Revolusi. Untuk kali pertama ini, kami memberikan penghargaan kepada Tim Pengendali Lebaran ," ujar kepala UKP Pancasila, Yudi Latif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sophie Martin Plaza Semanggi Keren

PT Bintang Anugerah Kencana Sebagai Distributor Nasional Indonesia Yang Ditunjuk Oleh F-Secure

Familiar Song Gerald Situmorang